ZAKAT, INFAK, SEDEKAH, DAN AMAL JARIAH

Mei 15, 2023 - 09:37
Mei 15, 2023 - 09:37
 0  1137
ZAKAT, INFAK, SEDEKAH, DAN AMAL JARIAH
ZAKAT, INFAK, SEDEKAH, DAN AMAL JARIAH

 

Pertanyaan

Pengasuh rubrik ZIS yang saya hormati. Saya mau bertanya, apakah sebenarnya perbedaan antara zakat, infak, sedekah, dan amal jariyah? Mohon maaf sebelumnya, dan atas jawabannya saya sampaikan terimakasih.

 

Penanya

Mahfudz, Pasuruan, 08529647xxxx

 

Jawaban

Zakat secara bahasa berarti “bersih” atau “suci”. Sedangkan secara istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (golongan yang delapan) menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam. Zakat ini merupakan rukun keempat dari rukun Islam. sehingga hukum berzakat ini adalah wajib.

 

Sedangkan infak itu berasal dari kata “nafaqah” yang berarti memberi nafkah atau harta, seperti perkataan “menafkahi keluarga”. Sedekah adalah pemberian yang dilakukan dalam rangka mengharapkan pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala. Adapun amal jariyah artinya amal yang pahalanya terus mengalir tanpa henti meskipun orangnya sudah meninggal. Termasuk dalam amal jariyah adalah harta yang diwakafkan.

 

Dengan demikian, amal jariyah itu mencakup terhadap sedekah, sedangkan sedekah mencakup terhadap infak, meskipun infak lebih umum. Dalam al-Quran, Zakat juga disebut sebagai sedekah, akan tetapi maksudnya adalah sedekah yang wajib, sebagaimana ayat berikut:

 

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ 

 

“Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menubuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103).

 

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow