ANCAMAN KESEHATAN DUNIA MODERN

Mei 25, 2024 - 11:15
 0  16
ANCAMAN KESEHATAN DUNIA MODERN

Kehidupan dunia modern kita menyuguhkan fakta-fakta yang benar-benar mengejutkan, di mana hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Misalnya, bahwa pada zaman ini, jumlah orang-orang yang meninggal disebabkan bencana alam atau perang, tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan jumlah orang yang meninggal disebabkan oleh obesitas atau kegemukan. Artinya, berbagai jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari, jauh lebih mengancam dan lebih berbahaya dibandingkan peluru atau bom sekalipun.

Karena itu, jika kita membicarakan tentang kesehatan di dunia modern kita, maka kita tidak bisa melewatkan perbincangan tentang pola hidup atau gaya hidup sehat. Meskipun tentu saja, kepedulian kita terhadap faktor alam tidak boleh kita abaikan. Namun bagaimanapun, rata-rata orang-orang yang dirawat di rumah-rumah sakit itu kebanyakan menderita penyakit yang disebabkan oleh perilaku, seperti masalah diabetes, tekanan darah, kolesterol, obesitas, masalah jantung, paru-paru, dan semacamnya.

Dengan demikian, berarti problem kesehatan yang kita hadapi hari ini jauh lebih kompleks dibandingkan dengan zaman dahulu. Jika problem kesehatan pada zaman dahulu rata-rata karena kekurangan gizi, maka solusinya hanya satu, yaitu bagaimana sekiranya kita menjadikan masyarakat kita semakin sejahtera, sehingga gizi mereka jadi tercukupi. Adapun saat ini, problem kesehatan itu justru disebabkan oleh kesejahteraan. Mereka makan apa saja yang mereka suka, tanpa memikirkan bahwa apa yang mereka masukkan ke dalam mulut mereka itu menjadi sumber penyakit.

Nah, untuk menanggulangi persoalan ini, kita memerlukan beberapa langkah yang kita ambil dari beberapa sisi sekaligus. Pertama, adalah sisi pemahaman, bahwa setiap orang harus memahami bahwa makanan yang mereka makan, selain menjadi sumber kekuatan dan kesehatan, juga berpotensi besar menjadi sumber penyakit. Oleh sebab itu, masyarakat harus diberi pemahaman tentang makanan yang sehat dan makanan yang tidak sehat sesering mungkin. 

Selain pemahaman soal makanan dan minuman sehat, masyarakat juga perlu diberi pemahaman tentang perlunya olahraga. Sebab bagaimanapun, kebanyakan pekerjaan masyarakat modern sudah digantikan oleh mesin. Bahkan para buruh pabrik pun saat ini lebih banyak hanya sebagai operator mesin ketimbang mengerjakan pekerjaan dengan kekuatan mereka. Begitu pula para petani, yang berbagai pekerjaan mereka sudah digantikan oleh mesin. Maka, mau tidak mau masyarakat modern harus disadarkan dengan perlunya olahraga.

Selanjutnya, di samping kedua aspek di atas, masyarakat juga perlu diberi pemahaman yang baik berkenaan dengan kebersihan lingkungan; ciptakan lingkungan yang bersih, sejuk penuh dengan pepohonan, bebas polusi dan bebas sampah. Jika ketiga aspek di atas sudah terpenuhi, maka kehidupan masyarakat yang sehat akan segera dicapai, dan berbagai penyakit bisa ditekan serendah mungkin. Jika masyarakat sudah sehat, maka biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk subsidi obat-obatan di rumah sakit bisa ditekan serendah mungkin, sehingga dananya bisa dialirkan ke sektor lain yang lebih urgen.

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow