BOLEHKAH WANITA MENJADI AMIL ZAKAT?

Mei 25, 2024 - 11:18
 0  22
BOLEHKAH WANITA MENJADI AMIL ZAKAT?

Pertanyaan

Assalamualaikum. Pengasuh rubrik Konsultasi ZIS Majalah Peduli yang saya hormati. Saya ingin bertanya, apakah seorang wanita diperbolehkan untuk menjadi amil zakat? Karena biasanya yang terjadi di mana-mana, amil zakat pasti dari kalangan laki-laki. Atas jawabannya kami sampaikan terimakasih. Wassalamualaikum.

Penanya

Misbahul Munir, Pasuruan, 08126589xxx

Jawaban

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Jika kita merujuk pada kitab-kitab fikih dan membandingkan pendapat antar-mazhab, maka kita akan menemukan fakta bahwa hukum seorang wanita menjadi amil zakat menjadi perdebatan di kalangan ulama Mazhab Empat. Sebagian dari mereka menyatakan bahwa amil zakat itu harus dari orang laki-laki. Pendapat ini diusung oleh kalangan mazhab Malikiyyah, sebagian Hanabilah, dan sebagian Syafiiyah (seperti al-Imam an-Nawawi dan al-Imam asy-Syarbini).

Sedangkan sebagian ulama yang lain menyatakan bahwa amil zakat itu tidak harus laki-laki, wanita pun boleh menjadi amil zakat, asalkan memiliki kemampuan dan memenuhi syarat-syarat lainnya yang telah ditetapkan. Pendapat ini diusung oleh ulama mazhab Hanabilah dan sebagian ulama mazhab Syafiiyyah (seperti al-Imam al-Mawardi).

Uraian lebih lengkap bisa Anda rujuk pada referensi-referensi yang mu’tabarah, seperti al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab (6/179), Mughni al-Muhtaj (3/152), al-Hawi al-Kabir (10/563), al-Inshaf (3/262), dan lain-lain. Semoga jawaban yang kami berikan bisa memuaskan, dan semoga kita semua tetap ada dalam petunjuk dan pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala. Amin.

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow